Sejarah Desa

19 April 2020 21:27:40  Pengelola  69 Kali Dibaca 

 

              Pada zaman dahulu kala, disejumlah kelompok keluarga,dimana manusia  belum begitu mengenal pendidikan dan peradaban, secara umum masyarakat belum bisa mambaca dan menulis, bahkan agamapun mereka belum memahami secara benar, aktifitas mereka sehari hari hanyalah berusaha mencari apa yang bisa dimakan, dengan hanya menanam tanaman yang ada seperti : Ubi Kayu,Sayur mayur dll. begitulah kehidupan mereka sehari hari tanpa adanya perubahan.

              Sehingga dengan demikian didalam kelompok orang tersebut belum begitu mengenal apa yang dimaksud dengan membangun sebuah peradaban dan Desa , karena sibuk dengan urusan dasar sehari-hari yakni makan .

          Dahulu kala menurut cerita yang ada (sesepuh Desa) Pakel, bahwa terjadinya Desa Pakel mulai dikenal sekitar tahun 1870-an . Ketika itu sejumlah orang pada masa kepemimpinan (Demang) NOJOHASTRO banyak membudidayakan tanaman buah (PAKEL) .

Hari berganti hari bulan berganti bulan,tahun berganti tahun yang pada akirnya situasi berganti pula yang mana wilayah tersebut sangat melimpah Buah Pakel, maka wilayah tersebut dinamakan dengan nama Desa Pakel , nama  tersebut diambil dari seiring meluapnya buah Pakel dan nama tersebut bertahan sampai sekarang. Ada juga riwayat yang mengisahkan bahwa terbentuknya “PAKEL” dari dua suku kata “PA” kepanjangan “Papan” (Bahasa Jawa) sama arti dengan Tempat, “KEL” kepanjangan “Rokel” (Bahasa Jawa) sama arti dengan Sulit. Jika digabungkan jadilah istilah “PAKEL” (Papan sing Rokel) Bahasa Jawa, dalam Bahasa Indonesia (Tempat yang sulit).

Seiring dengan perkembangan jaman , Desa Pakel sekarang terbagi menjadi 2 (dua) wilayah Dusun : Dusun Glatik dan Dusun Ketah. Selanjutnya terbagi lagi menjadi 20 (dua puluh) wilayah RT sampai sekarang.

Dengan melewati berbagai hal /proses  yang sesuai dengan aturan hukum yang berlaku dari mulai penentuan nama Desa, pembagian wilayah, pembagian kekayaan desa, dll. Akhirnya pada bulan Pertengahan Tahun 1870 Pakel resmi menjadi Desa.

Kepala desa yang pertama menjalakan roda kepemimpinannya adalah NOJOHASTRO yang bisa kita sebut sebagai saksi dan pelaku sejarah dalam proses pembentukan desa Pakel. Para kepala desa dari awal sampai sekarang ditulis dalam tabel.

 

 

Tabel : 1

Daftar Kepala Desa dari awal pemebentukan sampai sekarang

NO.

NAMA KEPALA DESA

MASA JABATAN (TAHUN s.d. TAHUN)

1.            

NOJO ASTRO

1942 s/d 1945

2.            

SALIDIHARJO

1946 s/d 1990

3.            

SARDJI

1991 s/d 1998

4.            

SUMADI

1999 s/d 2006

5.            

KASPIN

2007 s/d 2013

6.            

SUWASIS, S.Sos

2014             Sekarang

Bagikan ke :

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Sosial Media

Pemerintah Desa Pakel BPD PKK Karang Taruna

Bantuan

Aparatur Desa

  • SUWASIS
    KEPALA DESA
  • NURUL HUDA
    Sekretaris Desa
  • NURUL FUADIYAH
    KASI PEMERINTAHAN
  • GUNARI
    KASI PELAYANAN
  • NYAMIRAN
    KASI KESRA
  • SUGENG RIADI
    KAUR UMUM TU
  • YULIANI
    KAUR KEUANGAN
  • JAIDI
    KEPALA DUSUN
  • YATIMIN
    KASUN KETAH
  • INDAH NURVITA LARASATI
    KAUR PERENCANAAN

Statistik Penduduk

Pengunjung

Hari ini:31
Kemarin:49
Total Pengunjung:80.679